Saturday, April 13, 2013

TIPS MEMBUAT HALAMAN WEB/BLOG AGAR TIDAK BISA DI COPY

Plagiatism sudah sangat sering terjadi di dunia maya. Terkadang mungkin Anda kesal tulisan yang Anda buat dengan susah payah dicopy oleh orang yang tidak bertanggung jawab tanpa meminta ijin anda terlebih dahulu. Memang pada dasarnya aturan dari hak cipta tulisan di dunia maya memang tidak terlalu ketat, sehingga untuk mengcopy sebuah tulisan sangatlah mudah.




Kali ini saya ingin berbagi cara agar tulisan anda lebih aman dari copy. Sebenarnya ada banyak cara agar tulisan anda tidak bisa dicopy, namun setau saya masih belum ada cara yang 100% sempurna. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan :

  • Gunakan File PDF yang di secure dalam pendistribusian tulisan.
Cara ini cukup mudah digunakan, saat anda membuat document extract file tersebut dalam format .pdf dan jangan lupa untuk menjadikan file tersebut secured (agar tidak bisa dicopy). Namun cara ini hanya berlaku jika anda mendistribusikan tulisan anda dalam file. Dan cara seperti ini pun tidak terlalu aman, pasalnya sudah banyak software untuk menjebol file pdf yang secure.


  • Untuk Web/Blog capture tulisan anda, dan post dalam bentuk gambar.
Cara ini cukup ampuh untuk melindungi tulisan anda dari pengcopyan. Anda cukup mengetik pada document editor anda, lalu sebelum di edarkan di internet anda capture terlebih dahulu (gunkana tombol printscreen pada keyboard). Lalu edarkan file gambar tadi. contohnya:




Namun perlindungan seperti ini juga kurang efektif, masalah akan timbul saat anda akan membuat link pada tulisan tersebut. Dan proses load page pun akan menjadi lebih lama.

Menurut saya inilah cara yang paling efektif. Sebelumnya coba anda kesini dan anda coba copy tulisan yang ada disana. Tulisan tersebut tidak bisa dicopy bukan? Untuk membuat web anda tidak bisa dicopy sebenarnya sangatlah mudah, berikut adalah caranya :

pada tag tambahkan atribut:


oncopy="return false;"

jadinya nanti seperti ini :



Bagaimana? cukup mudah bukan?
Untuk mengeditnya pada blog anda bisa masuk ke menu Rancangan/Layout pilih option Edit HTML. Tekan Ctrl+F cari text dan tambahkan atribut seperti di atas. Jika pada blog anda ada banyak atribut di tag body anda tidak perlu menghapusnya, cukup tambahkan saja atribut oncopy seperti di atas.

No comments: